post image
Hidayati Purnama Lubis/ Ist
KOMENTAR

Kampus Utama Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto Km. 4,5 Sei Sikambing Medan, memiliki tagline “Membangun Desa Membangun Indonesia” yang digaungkan oleh Rektor UNPAB Bapak Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S,E., M.M. dalam beberapa tahun ini. UNPAB salah satu Kampus Merdeka dan sudah melaksanakan kurikulum Merdeka dalam tiga tahun terakhir guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan Kurikulum MBKM yaitu Program KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik).  Beberapa desa di Kabupaten Langkat merupakan tujuan utama dalam pelaksanaan Program KKNT ini, salah satunya adalah Desa Paya Tusam, Kecamatan Sei Wampu, Kabupaten Langkat. Saat ini jabatan Kepala Desa diamanahkan kepada Bapak Suratto.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan otonomi bagi lembaga pendidikan serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi dan minat mereka.

Program KKNT di Desa Paya Tusam diikuti oleh beberapa mahasiswa dari Program Studi Manajemen UNPAB yaitu: Anggellica Cindy, Anggi Putri Anisyah, Ira Amalia dan Vini Deva Agustini bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hidayati Purnama Lubis, S.P., M.Si. Implementasi MBKM di Universitas Pembangunan Panca Budi yakni, magang industri, proyek desa, pertukaran pelajar, penelitian dan inovasi, kewirausahaan dan studi independen. 

Adapun kegiatan selama pelaksanaan KKNT di Paya Tusam meliputi, posyandu, senam lansia, kegiatan mengajar di sekolah dan beberapa kegiatan lainnya yang bersifat sosial kemasyarakatan dan olahraga.  Program KKNT ini memberikan manfaat bagi universitas dan mahasiswa berupa kedewasaan pola pikir dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah sekaligus memberikan pengalaman kemasyarakatan.  Demikian juga bagi masyarakat Desa Paya Tusam memberikan motivasi dan perubahan sosial lebih baik, masyarakat memperoleh saran dan masukan baru terhadap permasalahan yang dihadapi, membentuk kader pemberdayaan masyarakat.

Pelaksanaan KKNT ini membuahkan beberapa saran bagi Desa Paya Tusam, yakni pemberdayaan ekonomi berupa pelatihan keterampilan dan kewirausahaan, dalam bidang pendidikan dan literasi melalui bimbingan belajar dan juga kelas literasi dewasa, pada kesehatan dan kesejahteraan juga pengelolaan lingkungan hijau, infrastruktur dan teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan merupakan program penting yang menggabungkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui KKNT mahasiswa tidak hanya dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku kuliah, tetapi juga berkontribusi secara langsung dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Program ini juga membantu mahasiswa untuk mengasah sekaligus mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, serta meningkatkan kesadaran sosial dan tanggung jawab mereka sebagai bagian dari masyarakat. 

Hidayati Purnama Lubis, S.P., M.Si
Dosen Program Studi Manajemen 
Universitas Pembangunan Panca Budi

Talkshow Studi Luar Negeri Warnai Pelantikan Senat Mahasiswa FUSI UIN Sumut

Sebelumnya

Cegah Penyebaran Corona, USU Ganti Kuliah Tatap Muka Jadi Sistem Online

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kampus