post image
KOMENTAR
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr M. Subuh mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan. Mengingat, di tahun 2017 nanti, beberapa penyakit berbahaya ditengarai kembali menjangkit.

Dia menjelaskan, penyakit tersebut bukan baru, melainkan penyakit yang sudah pernah hilang namun muncul kembali. Seperti halnya virus Zika dan demam berdarah dengue (DBD) yang masih akan menjadi masalah.

"Contohnya Zika, itu kan bukan new emerging tapi reemerging yang kita lupakan tapi muncul kembali. Ini yang harus kita waspadai. DBD adalah penyakit emerging yang jadi langganan kita, penyakit ini harus diantisipasi pada tahun 2017 mendatang," kata M. Subuh di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (29/12).

Selain Zika dan DBD, virus Flu Burung atau H5NI juga diprediksi masih menjangkiti Indonesia di tahun depan. Disebabkan tingginya kasus kematian akibat Flu Burung di negara Tiongkok.

M. Subuh menambahkan, untuk mencegah Flu Burung, Kemenkes akan membuka pusat pemantauan penyakit epidemi atau epidemiologist operation center selama 24 jam.

"Dengan EOC ini kita bisa memantau penyakit apa saja yang diidap masyarakat Indonesia selama 24 jam. Kita bekerja sama dengan jaringan di negara lain seperti CDC Atlanta USA, Asia Timur dan sebagainya untuk saling bertukar informasi terkini seputar penyakit yang sedang jadi epidemi," jelasnya. [hta/rmol]



















 

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan