post image
KOMENTAR
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menemukan bakso mengandung boraks yang dijual di pusat jajanan musiman Ramadhan Fair, Medan. Bahan berbahaya tersebut ditemukan saat inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan dengan mengambil sampel dan mengujinya pada Laboratorium Mobil Keliling yang ditempatkan dibawa saat sidak.

"Dari sekitar 27 sampel makanan yang kita ambil, kita menemukan adanya bakso yang mengandung boraks. Bakso ini diambil dari 2 orang pedagang yang berjualan di Ramadhan Fair ini," kata Kepala BBPOM Medan, Ali Bata Harahap kepada wartawan, Senin (13/6).

Ali Bata mengatakan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti temuan tersebut dengan menyita bakso mengandung boraks tersebut agar tidak dijual kepada masyarakat. Selain itu, mereka juga akan memberikan peringatan kepada pedagang serta menyurati pengelola Ramadhan Fair agar memberikan sanksi tegas jika pedagang tersebut tetap menjual bakso yang sama kedepannya.

"Tindakan kita yakni peringatan pertama, kedua dan selanjutnya menempuh jalur hukum. Tapi untuk saat ini petugas sudah menyita bakso tersebut agar tidak dikonsumsi masyarakat yang datang ke Ramadhan Fair," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya BBPOM Medan menggelar razia makanan dan minuman yang dijual di Ramadhan Fair, Jalan Masjid Raya Medan. Petugas membeli sejumlah makanan dari stand-stand pedagang untuk diuji langsung dilokasi tersebut. Sidak ini menurut pihak BBPOM untuk mencegah masuknya makanan dan minuman mengandung bahan berbahaya oleh pedagang.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel