post image
KOMENTAR
Manny Pacquiao resmi mengonfirmasi gantung sarung tinju. setelah mengakhiri perjalanan kariernya di atas ring usai memenangkan duel perebutan sabuk juara kelas welter versi WBO yang lowong melawan Timothy Bradley di MGM Grand, kemarin.
 
Salah satu alasannya untuk mengakhiri petualangannya di atas ring lantaran ia ingin ber­kumpul bersama keluarga dan fokus dalam pemilihan Presiden Filipna, Mei mendatang. Saat ini Pac Man juga merupakan tokoh penting di negaranya, sebagai anggota DPR Filipina.

Dalam pertarungan trilogi ini, Pacquiao sukses menjatuhkan Bradley sebanyak dua kali di ronde ketujuh dan kesembilan. Namun petinju berkepala plon­tos itu tetap mampu memberikan perlawanan sampai ronde ke-12, sebelum akhirnya ketiga hakim kompak untuk memberikan pe­nilaian 116-110 untuk PacMan.

"Secara fisik, jika Anda bertanya kepada saya, maka saya akan menjawab masih baik-baik saja. Saya masih bisa bertarung. Tapi saya telah membuat keputusan untuk kembali ke Filipina dan membantu masyarakat di sana. Selain itu, saya juga bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarga saya," ung­kap Pacquiao seperti dikutip Reuters.

Pertarungan ini bisa dikatakan sebagai ajang kampanye gratisan buat Pacquiao. Sebab ia akan bertarung memperebutkan kursi calon Presiden Filipina pada Mei mendatang. Itu makin diperkuat dengan penjelasannya kepada awak media bahwa ia akan fokus pada dunia politik.

"Saya memiliki komitmen ke­pada keluarga saya bahwa saya akan pensiun setelah pertarungan ini," sambung PacMan.

Ketika disinggung apakah ia nantinya akan tertarik kembali ke atas ring, Pacquiao menjawab tidak akan. Petinju berkumis itu menjelaskan jika dirinya akan menikmati pensiun dengan membantu banyak orang.

"Jika Anda bertanya kepada saya kalau saya datang kem­bali, mungkin saya akan men­jawab tidak. Karena saya akan menikmati masa pensiun ini dengan kegiatan sosial," tukas Pacquiao.

Sedang Bradley kecewa set­elah gagal menaklukan Manny Pacquiao di tarung jilid III. Ia pun memutuskan untuk menyepi sejenak untuk merenungkan masa depannya.

Apa rencana selanjutnya? Bradley mengatakan ingin rehat sejenak beberapa waktu.

"Saya akan menikmati bersama keluarga. Saya sudah jauh dengan mereka selama dua bulan ini. Saya akan menikmatinya di rumah pantai di San Diego un­tuk bersantai," ungkap Bradley dilansir Fightnews.

Sementara itu pelatih Bradley, Teddy Atlas mengaku kalau kekalahan tersebut adalah tanggung jawabnya. "Itu adalah kekurangan saya. Sayalah yang bertanggung jawab," tegasnya.

Namun Bradley buru-buru membantahnya. Ia mengatakan kalau hasil laga tak sepenuhnya menjadi tanggung jawab Atlas.

Menurut Atlas, selama ia berkarier sebagai pelatih sosok petinju ini memang berbeda dari yang lainnya. "Dia adalah manusia terbaik yang pernah ada selama karier saya," ujar Bradley. [hta]

 

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga