post image
KOMENTAR
Dengan ketinggian mencapai 6.962 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Aconcagua merupakan gunung tertinggi di Amerika Selatan dan gunung tertinggi kedua pada daftar gunung-gunung Seven Summit yang saat ini menjadi tujuan pendaki tunadaksa Sabar Gorky dan para pendaki dari TNI.

"Hari ini Sabar Gorky dan para pendaki TNI yang diwakili Korps Marinir tengah beristirahat penuh di Plaza de Mulas di ketinggian 4.250 mdpl dengan suhu minus satu derajad celcius," jelas Manajer Ekspedisi Indonesia Raya, Dar Edi Yoga, Senin, (29/2).

Sementara itu menurut Dansatgas Pendakian Aconcagua Letkol Marinir R Saragih kondisi seluruh pendaki dalam keadaan sehat setelah sehari sebelumnya melakukan aklimatisasi sekaligus droping logistik di Camp Canada di ketinggian 4.900 mdpl.

"Perjalanan ke Camp Canada selama 6 jam pulang-pergi, dimana masing-masing pendaki membawa beban 15 kilogram kebutuhan logistik yang ditaruh di Camp Canada," jelas Dansatgas Letkol Marinir R Saragih.

Setelah beristirahat di Plaza de Mulas, Senin malam waktu Indonesia atau Senin pagi waktu Argentina para pendaki akan melanjutkan pendakian ke Camp Plaza Canada pada ketinggian 4.900 mdpl dan bermalam. Keesokan harinya Sabar Gorky dan Marinir akan melakukan aklimatisasi ke Camp Nido de Condores di ketinggian 5.400 mdpl.

"Dari Camp Nido De Condores para pendaki akan turun kembali ke Camp Canada dan baru pada tanggal 2 Maret para pendaki bermalam di Camp Nido de Condores," ujar Dar Edi Yoga yang akan memantau langsung dari Patientes Mendoza bersama Feril Nawali dan Promotor Ekspedisi Teguh Santosa.

Adapun anggota pendaki yang tergabung dalam Ekspedisi Indonesia Raya ini terdiri dari, Sabar Gorky, Letkol Marinir R Saragih, Kopda (Mar) Sigit Purwoko, Kopda (Mar) Imam Rozikin, Praka (Mar)  Erlando B., dan Praka (Mar) Didik Rudiyanto, Asep Sumantri dan Syatiri Achmad Aswani.

Adapun satu-satunya perempuan dalam Tim Ekspedisi Indonesia Raya adalah Widya Victoria yang kesehariannya menjabat sebagai Redaktur di Kantor Berita Politik RMOL.

Pendakian Gunung Aconcagua sendiri dapat terlaksana berkat dukungan penuh dari Artha Graha Peduli, MatahariMall.Com, Telkom, Kosgoro 1957, dan Kemenpar RI.[rgu/rmol]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel