post image
KOMENTAR
Tak sekadar menjadi tempat penyimpanan barang pusaka dan bernilai sejarah, Museum Mahaputra Utama Letjen Jamin Ginting diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda dan generasi penerus Indonesia khusunya Sumatera Utara dengan semangat pengabdian, perjuangan, nasionalisme dan patriotisme.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan RI Bapak Purnomo Yusgiantoro  saat meresmikan museum yang terletak di tanah kelahiran Letjen Jamin Ginting, Desa Suka, Tiga Panah, Kabupaten Karo.

"Nilai-nilai dari sejarah dan perjuangan Letjen Jamin Ginting menjadi bagian integral dari perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia di masa mendatang dan masa yang akan datang," ujar Purnomo.

Pada kesempatan itu Purnomo juga berpesan agar museum yang berdiri di atas lahan seluas 4000 meter persegi itu dipelihara dengan baik dan ditingkatkan untuk jiwa nasionalisme  dan kepahlawanan generasi muda indonesia yang sangat diperlukan dalam perjuangan dan pembangunan bangsa khususnya di era globalisasi saat ini.

"Semangat, tekad dan prinsip Letnan Jamin Ginting perlu kita tauladani, karena telah mengharumkan nama bangsa Indonesia sekaligus mendorong dan memotivasi generasi muda dan masyarakat lainnya untuk lebih semangat dalam berjuang dan membangun bangsa kita Indonesia tercinta," ujar Menteri.

Sementara itu, Ketua Panitia Letjen (Purn) Amir Sembiring mengatakan museum ini didirikan Yayasan Mahaputra Utama Jamin Gintings yang diketuai Ny Likas Tarigan Jamin Ginting akan menjadi tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Letjen Jamin Ginting.

 Museum ini, lanjut Amir, juga untuk melestarikan sejarah, adat istiadat, seni dan budaya  termasuk di dalamnya tersedia perpustakaan mini yang berisi buku-buku peninggalan Letjen Jamin Ginting dan buku-buku tentang adat budaya karo.

"Kami berdoa dan berusaha agar museum ini dapat terpelihara dengan baik dan berguna bagi generasi muda khususnya, dan berharap kepada Bapak Menteri sebagi perwakilan Pusat, Bapak Gubsu terutama pemda Karo agar dapat mempromosikan museum ini sebagai salah satu ikon daerah," harapnya.

Hadir dalam persesmian itu janda Letjen Jamin Ginting, Ny Likas Tarigan, Ibu Lis Purnomo Sugiantoro, Unsur FKPD Provsu, Pangdam I/BB, Ketua DPRD Sumatera Utara, SKPD Provsu, Bupati Karo dan tokoh adat serta tokoh masyarakat lainnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas