post image
KOMENTAR
Polemik pengubahan nama jalan Medan Merdeka terus bergulir. Wacana ini pun menjadi bahan perbincangan di kalangan aktivis dan bahkan sejarawan.

Menurut politisi senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait, perdebatan soal perubahan nama empat jalan yang mengitari Lapangan Monas itu tidak terlalu signifikan diperdebatkan. Sebab ada banyak hal lain yang lebih penting untuk dipibincangkan dan menjadi wacana publik.

"Nama Jalan Soekarno (untuk mengganti jalan Medan Merdeka Utara) atau nama Jalan Mohammad Hatta (untuk mengganti Jalan Medan Merdeka selatan) itu saya setuju-setuju saja. Tapi buat apa? Nama Soekarno-Hatta sudah ada jadi nama Bandara dan juga di Bandung," kata Sabam Sirait kepada Rakyat Merdeka Online, Senin (2/9/2013).

Bila mau serius mengenang jasa-jasa Soekarno, lanjut Sabam, jauh lebih penting dengan membuat buku soal Soekarno. Misalnya membuat buku yang berisi tentang perjuangan Soekarno serta nilai-nilai dan gagasan Bung Karno yang bisa diterapkan untuk mengisi Kemerdekaan dan menjadi pegangan bagi generasi muda.

Apalagi, lanjut Sabam, bila ada juga usulan untuk mengubah jalan Medan Merdeka Barat menjadi jalan Soeharto dan mengubah nama Jalan Medan Merdeka Timur menjadi Jalan Ali Sadikin. Bagaimanapun, posisi Soeharto masih menjadi pro dan kontra di publik.

"Bukan hanya PDI yang menjadi korban kekejaman Soeharto, tapi juga rakyat secara umum. Saya kira banyak rakyat juga akan menolak," ungkap Sabam.

Soal Ali Sadikin, Sabam mengatakan bahwa ia dekat dengan Ali. Namun sepengetahuannya, Ali Sadikin sama sekali tidak pernah mau namanya menjadi jalan.

"Kalau mau pakai nama Ali Sadikin, pakai saja satu ruangan yang besar di balaikota dengan nama Ali Sadikin," ungkap Sabam.

Sabam mengingatkan bahwa jalan Merdeka itu sudah sangat tepat. Sebab hal itu akan mengingatkan akan perjuangan kemerdekaan melawan penjajahan. [rmol/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas