post image
KOMENTAR
Data Kanwil Kemenkum dan HAM Sumatera Utara, jumlah narapidana dan warga binaan di sejumlah lembaga pemasyarakatan du Sumatera Utara paling banyak se Indonesia.

Hingga saat ini, jumlah napi dan warga binaan di Sumut mencapai 17.679 orang. Sementara Rutan yang ada sudah over kapasitas. Dan 60 persen adalah dari pelaku narkoba.

Alasan ini yang menjadikan Pemerintah SUmatera Utara akan membantu Kementerian Hukum dan HAM untuk menyediakan lahan untuk Lapas yang baru.

"Kapasitas ini sudah tidak memadai. Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota akan siap membantu mencari lahan yang representatif untuk membangun Lapas yang sesuai dengan standardisasi," ujar Gubsu dalam keterangan persnya menyusul kerusuhan yang terjadi di Lapas Labuhan Ruku, Batubara, Minggu (18/8/2013) petang.

Gubsu merasa prihatin karena kerusuhan yang terjadi di dua lapas Sumatera Utara sudah dua kali terjadi dalam dua bulan terakhir. Sebelumnya Juli lalu, kerusuhan juga terjadi di Lapas Klas I A Tanjung Gusta Medan.

Dari kerusuhan itu, 212 napi yang kabur, tercatat hanya 104 orang yang  berhasil ditangkap dan menyerahkan diri. Sementara sisanya 98 napi masih buron.

Diketahui, kerusuhan terjadi Lapas Labuhan Ruku di Kabutapen Batubara, Minggu (18/8/2013) sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut Kapolres Batubara, AKBP JP Sinaga, pemicu bentrokan akibat provokasi 46 napi pindahan dari Lapas Lubuk Pakam yang dititipkan sebulan lalu. Sementara Lapas sendiri sudah melebihi kapastitas dimana saat ini dihuni 800 orang dari yang seharusnya 300.

"Bulan lalu masuk lagi 46 napi titipan Lapas Lubuk Pakam. Mereka ini yang memicu kerusuhan. Mereka memprovokasi napi yang tidak mendapatkan remisi Lebaran," jelasnya dalam wawancara di salah satu tv berita nasional.

Hingga Minggu malam (18/8/2013), jumlah napi yang berhasil kabur dikabarkan terus bertambah. Informasi yang diterima wartawan, sampai pukul 21.00 WIB sudah 45 orang kabur akibat kerusuhan itu. [ded] 

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas