post image
KOMENTAR
Pasca kerusuhan di arena tinju GOR Kota Lama, Nabire, Minggu (14/7/2013) malam yang berakibatkan dengan tewasnya 18 orang, Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, situasi wilayah sekitar aman dan terkendali.

"Dari laporan sementara yang kami terima tidak ada pengumpulan massa dan korban yang meninggal sudah disemayamkan di rumah duka," kata Kapolda Papua yang dihubungi Antara dari Jayapura, Senin (15/7/2013).

Kapolda mengaku sedang berada di Bandara Sentani bersama sejumlah pejabat jajarannya dan bersiap ke Nabire.

Dikatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi internal. "Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui apakah pengamanan yang dilakukan sudah tepat atau belum," ujarnya.

Menurutnya, selain menyelidiki secara internal pihaknya juga akan menanyakan ke pihak panita penyelenggara tinju guna mengetahui apakah ada kelalaian terkait prosedur pengamanannya atau tidak.

Namun yang terpenting saat ini, kata Tito, adalah penanganan terhadap para korban, karenanya dalam rombongan yang dipimpinnya turut pula tim dari kesehatan.

sebelumnya 18 orang dilaporkan tewas dalam kerusuhan yang terjadi usai pertandingan di GOR Kota Lama Nabire. Laga "Bupati Cup" yang digelar pada Minggu malam itu berakhir dengan kemenangan Alfius Rumkorem atas Yulianus Pigome dari sasana Mawa.

Pendukung Yulianus Pigome tidak terima atas kekalahan idola mereka sehingga terjadi saling ejek yang kemudian menjadi saling lempar hingga menyebabkan para penonton lainnya berebutan keluar dari GOR.

Selain menyebabkan 11 perempuan dan tujuh lelaki tewas,  sebanyak 34 penonton pun dirawat di RSUD Nabire.

Menurut Kapolres Nabire AKBP Bahara Marpaung pada malam keajdian bentrokan hadir sekitar 1.500 penonton. Korban berjatuhan dikarena saling berdesakan. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas