post image
KOMENTAR
Meski sukses meraih tiket ke partai final dan dianggap sukses pula menjadi penyelenggara Piala Konfederasi 2013, namun agaknya tidakserta merta membuat Presiden Brasil, Dilma Rousseff ikut kecipratan sukses.

Pasalnya, survei yang dilakukan lembaga Datafolha dan dipublikasikan di harian Folha de S.Paulo pada Sabtu (29/6/2013) waktu setempat mencatat bahwa rakyat Brasil yang menilai kinerja pemerintahan Rousseff dengan jawaban "baik" merosot sehingga hanya mencapai 30 persen dari sebelumnya 57 persen pada awal Juni lalu.

Hal itu terjadi setelah demonstrasi besar-besaran rakyat Brasil terus gencar menolak penyelenggaraan Piala Konfederasi dan Piala Dunia yang mengakibatkan naiknya pajak di negara itu.

Penurunan dukungan terhadap pemimpin Brasil tersebut merupakan yang tertajam sejak 1990, ketika Fernando Collor membekukan tabungan masyarakat guna menghentikan hiperinflasi. Terbukti, dua tahun kemudian, Collor mundur dari jabatannya setelah Kongres memakzulkan dirinya atas tuduhan korupsi.

Sebelumnya, Rousseff tercatat mendapat tingkat dukungan tertinggi bahkan jika dibandingkan dengan para pemimpin negara Barat, yang sebagian besar dipicu oleh rendahnya tingkat pengangguran di negara itu. Tetapi popularitasnya mulai turun sejak awal Juni ketika harga barang kebutuhan pokok mulai menekan tingkat daya beli masyarakat, sebuah jaminan atas masalah di negara yang memiliki sejarah panjang inflasi yang membumbung.

Jejak pendapat Datafolha tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan sejak lebih dari satu juta warga Brasil memadati jalanan dalam beberapa pekan terakhir guna memprotes sejumlah keluhan, mulai dari korupsi dan buruknya layanan publik serta kemarahan atas miliaran dolar yang dihamburkan untuk perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang. [hta]

PHBS Sejak Dini, USU Berdayakan Siswa Bustan Tsamrotul Qolbis

Sebelumnya

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NELAYAN (KPPI) DALAM MENGATASI STUNTING DAN MODIFIKASI MAKANAN POMPOM BAKSO IKAN DAUN KELOR DI KELURAHAN BAGAN DELI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa