post image
KOMENTAR
Partai pamungkas Piala Konfederasi 2013 di Brasil kali ini segera dimulai. Dua negara sepakbola yang memilki sejarah dan keagungan yang sama besar itu siap berhadapan pada Minggu (30/6/2013) dinihari nanti.

Spanyol tengah menguasai dunia sejak enam ahun terakhir. Kebangkitan tim matador ini patut diacungi jempol. Pasalnya dua kutub, Barcelona dan Real Madrid yang menjadi pemasok pasukan utama Spanyol, berhasil kompak dan melahirkan sejumlah gelar bagi La Furia Roja. Tak main-main, kekompakan dua kubu yang bersaing abadi di Spanyol itu mampu membuat Spanyol berjaya di tahta teratas  FIFA.

Namun, tuan rumah Brazil juga sedang bangkit di bawah asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari. Barisan muda Salecao ini memiliki catatan menggembirakan saat bertemu Spanyol. tercatat dari delapan pertemuan terakhir, Brasil mendominasi laga dengan empat kemenangan dan dua seri dalam delapan laga sebelumnya dengan tim La Furia Roja.

Pertemua kedua tim pertama kali terjadi tatkala Piala Dunia 1934 diItalia digelar. Kala itu Spanyol berhasil menaklukkan Brasil.

Tim Selecao baru bisa membalas kekalahan itu 16 tahun kemudian. Bermain dikandangnya sendiri dan disaksikan 153 ribu, Brasil berhasil melucuti Spanyol dengan skor telak 6-1.  

Brazil menang lagi di Piala Dunia 1962 di Chile, ketika mereka mempertahankan piala yang akhirnya mereka angkat lagi untuk pertama kalinya di Swedia empat tahun sebelumnya.

Pertemuan selanjutnya terjadi pada pertandingan Piala Dunia 1978 di Mar de Plata, Argentina. Dalam duel itu, kedua tim bermain sama mandul.

Brasil kemudian berhasil mencatatkan rekor kemenangan mereka atas Spanyol. Satu gol Socrates menghantarkan kemenangan mereka pada penyisihan grup Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Sementara itu dalam dua laga persahabatan, Spnyol dapat mengalahkan Brasil di Gijon pada 1990 dan menahan seri tim Samba di Vigo pada 1999.  [hta]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga