post image
KOMENTAR
MBC.  Babak baru aksi protes merebak di seluruh Brasil pada Sabtu (22/6), meskipun Presiden Dilma Rousseff berjanji untuk meningkatkan layanan umum dan memerangi korupsi.

Menurut polisi, sekira 250 ribu orang di seluruh negeri itu kembali melancarkan protes di lebih dari 100 kota besar Brasil pada Sabtu (23/6/2013) waktu setempat

Kota besar yang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Konfederasi terus menjadi titik api utama demonstrasi yang rusuh.

Media lokal melaporkan sebanyak 60 ribu orang sambil meneriakkan "Piala buat siapa?" turun ke jalan dan berkumpul di bundaran utama di Kota Belo Horizonte, di bagian tenggara negeri itu, tempat tim Jepang berhadapan dengan tim Meksiko dalam satu pertandingan Piala Konfederasi.

Polisi menembakkan peluru karet dan gas air mata ketika sebagian pemrotes melemparkan batu dan berusaha melewati penghalang.

Protes juga berubah jadi kerusuhan di Kota Salvador, Brazil Timur-laut, tempat tim sepak bola nasional Brasil mengalahkan Italia dalam pertandingan lain Piala Konfederasi.

Sebanyak 5 ribu demonstran berpawai sejauh lima kilometer dari stadion. Mereka mencela pengeluaran Pemerintah Brasil untuk Piala Dunia 2014. Pemrotes menghalangi jalan utama dan bentrok dengan polisi yang berusaha membersihkan jalan.

Di Sao Paolo, sebanyak 30 ribu demonstran memenuhi jalan utama kota tersebut. Mereka memprotes perubahan undang-undang yang diusulkan yang akan membatasi wewenang jaksa penuntut umum untuk menyelidiki aksi kejahatan.

Pemrotes mengatakan, peraturan itu akan menambah sulit upaya untuk memerangi korupsi.

Selama beberapa pekan belakangan, lebih dari satu juta orang Brasil telah turun ke jalan, dan menyuarakan kemarahan terhadap kenaikan tarif angkuatan umum baru-baru ini.

Rakyat Negeri Samba tersebut marah terhadap pengeluaran besar pemerintah untuk kegiatan olah raga internasional dan sejumlah masalah lain. [ant/hta]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga