post image
KOMENTAR
Persidangan perdana Walikota Medan, Rahudman Harahap benar-benar menjadi pusat perhatian, khususnya dari sisi pengamanan. Medan pagi tadi seperti kondisi "Siaga 1", sama halnya seperti pengamanan aksi-aksi dengan eskalasi massif.

Apalagi kehadiran pucuk pimpinan Kepolisian di Sumatera Utara, seperti Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro beserta sejumlah perwira utama Polda Sumut kian menambah kesan siaga 1 itu.

Kehadiran Kapolda seperti mengambil alih kewenangan pimpinan kepolisian di Kota Medan seperti Kapolresta Medan Kombes Monang Situmorang beserta seluruh perwira Polresta Medan, dan perwira Brimob.

Para perwira di lapangan terlihat langsung memimpin pasukannya yang dilengkapi pakaian anti huru hara di sekeliling gedung PN Medan.

Kondisi pengamanan juga terkesan berlebihan dengan dikerahkannya pasukan gegana dan kendaraan perintis Baracuda dan Water Canon.

"Apa harus begini pengamanannya," kata Syamsul Arifin Ketua Aliansi Sumatera Utara Bersih (ASUB) ketika berbincang dengan MedanBagus.Com, Jumat (3/5/2013) di Gedung PN Medan.

Namun demikian, kepolisian sendiri menolak disebutkan melakukan pengamanan berlebihan.

Kapolresta Medan, Kombes Monang Situmorang menyebutkan banyaknya pasukan yang diturunkan mengamankan jalannya sidang, hanya bersifat antisipasi saja. Karena informasi kepada polisi menyebutkan persidangan ini akan diwarnai kedatangan massa yang pro dan kontra terhadap sidang yang dijalani Rahudman. Sehingga, kubu yang pro dan kontra tidak bergesekan yang bisa mengganggu sidang.

"Kan lebih baik mencegah daripada mengobati," kata Monang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumut, Kombes Iwan Hari Sugiarto. Ia menegaskan, apa yang dilakukan oleh kepolisian ini merupakan prosedur tetap (protap) pengamanan di kepolisian. Bagi kepolisian, Iwan menyebut tidak ada yang istimewa dari pengamanan tersebut.

"Biasa saja ini, tidak ada yang terkesan berlebihan dan istimewa, semua masih wajar," ujarnya.

Sidang Perdana Rahudman digelar hari ini di Pengadilan Tipikor pada PN Medan. Pantauan sejak pagi sejumlah perwira kepolisian langsung turun memimpin pengamanan, diantaranya Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Karo Ops Polda Sumut Kombes Iwan Hari Sugiarto, Direktur Sabhara Polda Sumut Kombes Darman Sinuraya.

Jajaran Polresta Kapolresta Medan Kombes Monang Situmorang, Wakapolresta Medan AKBP Pranyoto, Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Yoriz Marzuki, Kasat Intel Polresta Medan Kompol Faisal Napitupulu, Kabag Ops Kompol Sugeng Riyadi, Kasat Narkoba Kompol Donny Aleksander dan perwira lainnya.

Meski demikian, polisi enggan menyebutkan hal ini sebagai sebuah situasi untuk siaga satu. "Ya nggaklah," pungkas Iwan Hari. [ded]

Kuasa Hukum BKM: Tak Mendengar Saran Pemerintah, Yayasan SDI Al Hidayah Malah Memasang Spanduk Penerimaan Siswa Baru

Sebelumnya

Remaja Masjid Al Hidayah: Yayasan Provokasi Warga!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum