post image
KOMENTAR
Ajaran Trisakti Bung Karno tentang kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan kepribadian dalam sosial budaya masih sangat relevan dengan situasi Indonesia saat ini.

"Semangat Trisakti Bung Karno sangat layak diangkat untuk merevitalisasi cara pandang generasi muda kita yang kini banyak terkontaminasi nilai-nilai liberalis kapitalis berbungkus demokrasi," ujar Ketua Gerakan Masyarakat Penerus (GMP) Bung Karno Zulfan Lindan usai deklarasi GMP di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Dia menjelaskan, dalam konteks kekinian, fakta menunjukkan bahwa Indonesia sudah tidak memiliki kedaulatan karena kerap didikte oleh pihak asing. Begitu pula dalam bidang ekonomi yang tidak lagi mandiri. Sementara, dari sisi sosial generasi muda sudah nyaris kehilangan jati diri oleh desakan budaya yang serba berbau asing, dan mencampakkan budayanya sendiri.

Oleh karena itu, lanjut Zulfan, membangkitkan semangat perjuangan Bung Karno sangat pantas diangkat kembali demi meneruskan cita-cita Sang Proklamator untuk menjadikan bangsa ini berdaulat, mandiri, dan berkepribadian sebagaimana tujuan ideologi Pancasila.

"Reformasi 1998 yang diperjuangkan kaum muda dengan keringat dan darah memang berhasil menjungkirbalikkan kekuasaan otoriter yang berlangsung 32 tahun. Namun, segera setelah itu kita menyaksikan tiada perubahan yang terjadi dalam kehidupan bangsa dan negara," jelas Zulfan. [rmol/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas