post image
KOMENTAR
Stasiun televisi diminta agar sungghuh-sungguh memerhatikan norma dalam menanyangkan informasi mengenai konflik antara Eyang Subur dan Adi Bing Slamet yang dulu dikenal sebagai pelantun lagu Si Jenderal Kancil.

Permintaan itu dikirimkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dalam sepucuk surat yang dikirimkan ke sebelas stasiun televisi nasional hari Jumat lalu (12/4/2013).

"Agar proses pembuatan atau penayangan berita atau informasi yang berkaitan dengan konflik tersebut memperhatikan ketentuan penghormatan atas hak privasi, perlindungan anak, penghormatan atas norma agama serta kesopanan yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012," tulis KPI dalam keterangan yang diterima redaksi.

Sebelas stasiun TV yang mendapatkan surat imbauan dari KPI Pusat itu adalah ANTV, GlobalTV, Indosiar, MetroTV, MNCTV, RCTI, SCTV, TransTV, Trans7, TVOne, dan TVRI.

KPI Pusat menerima banyak pengaduan masyarakat yang menyampaikan keberatan atas penayangan pemberitaan atau informasi atas konflik tersebut.

Pemberitaan atau informasi yang disampaikan mengenai Eyang Subur versus Adi Bing Slamet ini semakin mempertajam konflik dan mendorong para pihak membuka aib masing-masing pihak yang berkonflik. Selain itu, pemberitaan atau informasi yang disampaikan telah memperburuk, merusak reputasi, dan menghakimi objek berita serta disiarkan pada jam banyak anak menonton TV.

Diingatkan bahwa P3 dan SPS Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 telah memberikan pedoman dalam  pembuatan atau penayangan berita atau informasi terkait konflik Eyang Subur dan Adi Bing Slamet.

Juga disebutkan bahwa tayangan seharusnya tidak berniat merusak reputasi objek yang disiarkan, tidak memperburuk keadaan objek yang disiarkan, tidak mendorong pihak yang terlibat konflik membuka aib, tidak berdampak buruk bagi anak-anak dan remaja, tidak menjadikan kehidupan pribadi objek yang disiarkan sebagai bahan tertawaan dan/atau bahan cercaan, serta tidak menghakimi objek yang disiarkan. [rmol/hta]

Akhirnya, Nikita Willy Resmi Dilamar Sang Kekasih

Sebelumnya

Rumah Aktor Senior Tio Pakusadewo Digeledah Polisi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Seleb