post image
KOMENTAR
Dalam sepekan, tercatat dua aktivis Organisasi Free Tibet tewas bakar diri di china. Aksi bakar diri itu menyusul aksi bakar diri yang berujung kematian yang sebelumnya pada 12 Januari  dilakukan oleh seorang pemuda Tibet di barat laut Provinsi Gansu.

Menurut Organisasi Free Tibet yang berkantor pusat di London dalam  bahwa seorang pria berusia 28 tahun yang diidentifikasi dengan nama Dupchoek meninggal Jumat sore di kota Drachen, prefektur otonom Aba Tibet, dari Provinsi Sichuan.

Free Tibet mengatakan bahwa 97 rakyat Tibet telah melakukan aksi bakar diri sejak Februari 2009 sebagai aksi protes terhadap pemerintahan Beijing di Tibet. Menurut sebuah daftar di laman grup itu, sekitar 75 orang di antaranya telah tewas.

Sementara itu, tingkat aksi bakar diri melonjak pada November menjelang serah terima kekuasaan di kepemimpinan Partai Komunis China yang dilakukan sepuluh tahun sekali.

Banyak rakyat Tibet di China menuduh pemerintah melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka, seiring dengan makin banyaknya etnis mayoritas Han masuk ke wilayah bersejarah Tibet. [hta]

PHBS Sejak Dini, USU Berdayakan Siswa Bustan Tsamrotul Qolbis

Sebelumnya

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NELAYAN (KPPI) DALAM MENGATASI STUNTING DAN MODIFIKASI MAKANAN POMPOM BAKSO IKAN DAUN KELOR DI KELURAHAN BAGAN DELI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa