post image
KOMENTAR
Dinas Pendidikan Kabupaten Biak, Papua, mencatat 30-40 persen guru dari 2.038 guru yang mengajar di jenjang pendidikan TK sampai SMA/SMK di wilayah itu hingga 2012 belum berkualifikasi pendidikan sarjana.

Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Kamaruddin, mengakui dengan status guru belum berkualifikasi sarjana atau Diploma IV hingga 2015 maka jenjang kenaikan pangkatnya akan terhambat dalam golongan terakhir.

"Jika status guru di Biak hingga 2015 tidak berpendidikan sarjana maka sesuai aturan kenaikan pangkatnya akan mentok pada golongan yang disandangnya saat itu. Karena itu Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan kualifikasi tenaga guru hingga Diploma IV," ujar Kamaruddin usai rehat sosialisasi penilaian angka kredit jabatan guru di gedung Axioma Disdik Biak, Rabu (21/11).

Ia menyebutkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kredit mulai efektif berlaku 1 Januari 2013 kualifikasi guru harus berstatus sarjana.

Pada aturan kenaikan pangkat guru terbaru, menurut Kamaruddin, mulai tahun 2013 pengusulan kenaikan pangkat dari golongan IIIB ke IIIC harus memenuhi syarat membuat karya tulis atau publikasi inovasi karya inovatif secara perseorang atau kelompok.

"Ya jika guru bersangkutan tidak memenuhi syarat sesuai aturan maka usulan kenaikan pangkat jabatannya tidak bisa diproses," ujar Kamaruddin dihadapan 200 guru dan kepala sekolah se Biak.

Ia berharap, dengan diberlakukan ketentuan tentang angka kredit dan kenaikan pangkat guru di lingkup Disdik Biak diharapkan dapat menyesuaikan aturan dimaksud.

Disdik Biak, lanjut Kamaruddin, sangat berharap pada 2015 semua guru di Biak telah berstatus sarjana sehingga jenjang kepangkatan pegawai bersangkutan dapat naik sesuai tingkatan dengan lancar.

"Disdik akan memberikan kemudahan kepada para guru yang belum berpendidikan sarjana bisa mengejar kwalifikasinya hingga sarjana atau Diploma IV," harap Kamaruddin.

Sosialisasi angka kredit dan jabatan fungsional guru diikuti 200 orang guru dan kepala sekolah berlangsung satu hari dibuka Sekretaris Pendidikan Kamaruddin. [ant/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas