post image
KOMENTAR
MBC.  Saat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan biasanya serangan penyakit demam berdarah dengue mengancam masyarakat.

Kerena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga secara rutin membersihkan lingkungan sekitarnya guna mengantisipasi serangan penyakit demam berdarah dengue ini. 

"Bila sistem kewaspadaan dini kejadian luar biasa penyakit menular sebelumnya telah berjalan, tinggal lagi kesadaran warga untuk membersihkan lingkungan sekitarnya agar nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD tidak bisa bersarang," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Endris Maulinda di Mukomuko, Selasa (16/10).

Pemberantasan sarang nyamuk, katanya, bisa melalui Gerakan 3M yakni menguras bak air secara rutin, menutup berbagai tempat penampungan air, dan menimbun berbagai barang yang dapat menimbulkan genangan air karena rawan menjadi tempat nyamuk bersarang.

"Kalau antisipasi dan mencegahan itu yang perlu dilakukan yakni adalah PSM untuk 3M," ujarnya.

Sistem kewaspadaan dini lainnya, katanya, dengan mempersiapkan tenaga medis di 16 puskesmas untuk mengetahui gejala masyarakat yang terkena virus dengue agar bisa ditangani secepatnya.

"Serta melakukan fogging fokus atau pengasapan di lokasi temuan kasus yang berfungsi memutuskan mata rantai perkembangannya selain mencegah virus itu meluas ke tempat lain," ujarnya. [ant/hta]

Bank Sumut Kembalikan Fitrah Pembangunan, Kembangkan Potensi yang Belum Tergali

Sebelumnya

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam